Tuesday, June 7, 2011

“Yao Maapululu Miangas! ”*

 

Prof. Sri-Edi Swasono, mantan Kepala Bappenas pernah bertanya kepada mahasiswa di kelas Sistem Ekonomi FEUI, “ Kalian tahu dimana letak Pulau Miangas?” beliau memandang muka kami satu persatu, saya menghidari bertemu mata dengan beliau karena saya memang belum pernah mendengar nama daerah ini sebelumnya. Rekan-rekan yang lain pun tampaknya asing dengan nama Miangas. Kelas hening sejenak, beliau kemudian menanyakan pertanyaan serupa untuk daerah-daerah lainnya, lagi-lagi tidak ada satu pun dari kami yang bisa menjawab dimana persisnya. Dari Beliau, saya menyadari betapa saya belum mengenal dengan baik negeri saya sendiri. Saya hanya tahu Negara Kesatuan Republik Indonesia mempunyai lebih dari 17.000 ribu pulau tanpa tahu atau tidak ingin tahu apa saja pulau-pulau itu.

Itulah pertama kali saya mendengar Miangas, saya langsung mencari tahu lewat Google mengenai miangas. Belakangan pulau ini terkenal gara-gara iklan salah satu produk mie instan yang menyebut Miangas sampai Pulau Rote juga iklan kampanye pasangan presiden SBY-Budiono 2008 silam. Saya tertarik setelah membaca beberapa kisah di website mengenai pulau paling utara Indonesia ini. Dan tak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa saya akan benar-benar pergi kesana. Ya, saya mengikuti program Kuliah Kerja Nyata UI tahun 2009 yang menjadikan Pulau Miangas sebagai target K2N selama satu bulan dari tanggal 17 Juli -18 Agustus 2009.

Rombongan K2N UI berfoto di depan Patung Santiago-Miangas, 18 Agustus 2009


Berjuta kenangan yang selalu terekam di memori saya, foto-foto, catatan perjalanan akan saya bagi kepada rekan-rekan di seluruh nusantara melalui tulisan ini. Tentu saja pengalaman ini sangat berharga bagi saya khususnya dan juga seluruh rombongan K2N UI 2009, dimana kami banyak belajar mengenai keberagaman, belajar memahami kebudayaan, belajar mengaplikasikan peribahasa yang biasanya hanya kami hafal diluar kepala “Dimana langit dijunjung disitu bumi berpijak” belajar untuk saling mengerti dan banyak lagi yang lainnya. 

Sunset Pantai Racuna, Miangas 2009- Dok K2N UI 2009


Tentu saya  akan selalu mengingat dan merindukan semua hal tentang Miangas. Pulau Perbatasan. Yao Maapululu Miangas!

*Yao Maapululu: aku mencintaimu ( bahasa Miangas )                                

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More